FAQ & Bantuan

Mengapa Raiz?

Apakah Raiz?

Raiz adalah layanan finansial yang membantumu menabung dan menginvestasikan uang Anda. Kami memungkinkan kamu untuk segera mulai dan sering berinvestasi guna mencapai tujuan finansialmu.

Bagaimana cara kerja Raiz?

Raiz membantumu berinvestasi secara proaktif. Kami memiliki 3 fitur:

1. Lump sum atau investasi seketika, di mana kamu langsung menyetorkan sejumlah dana untuk diinvestasikan di Reksa Dana.

2. Recurring atau cicilan investasi, di mana kamu memberikan persetujuan bagi Raiz untuk mendebit rekening bank atau e-wallet yang kamu daftarkan ke Raiz dalam jumlah tertentu secara rutin (harian, mingguan, atau bulanan) untuk diinvestasikan ke Reksa Dana.

3. Roundup atau pembulatan, di mana setiap kali kamu berbelanja menggunakan kartu debit dan/atau e-wallet yang telah kamu daftarkan ke Raiz, Raiz akan mencatat pembulatan atas transaksi belanja tersebut. Jika pembulatan yang terkumpul sudah mencapai paling sedikit Rp 10.000, maka dana di rekening bank atau e-wallet yang telah kamu daftarkan sebagai sumber pendanaan akan didebit dan diinvestasikan ke Reksa Dana.

Kami menawarkan pilihan portofolio investasi sesuai dengan tujuan investasi dan profil risikomu.

Apa yang membuat Raiz berbeda?

Portofolio investasi yang dipersonalisasi, tidak ada biaya transaksi dan investasi dalam jumlah kecil namun sering - semua ada di saku kamu. Raiz membuat investasi lebih mudah diakses untuk semua orang, dan pada saat yang sama memberimu layanan yang memudahkanmu menabung dan berinvestasi.

Pembukaan akun

Apa yang saya perlukan untuk memulai?

Setelah kamu mengunduh aplikasi Raiz di ponsel pintarmu, kamu memerlukan:

  • Informasi login ke online banking kamu (untuk menghasilkan pembulatan atas transaksi)
  • Nomor rekening bankmu (sebagai sumber pendanaan)
Bagaimana proses registrasinya?

Kami mendesain proses registrasi semudah mungkin. Kamu cukup mendaftarkan alamat emailmu, memilih password, menghubungkan rekening bank ke Raiz untuk digunakan sebagai sumber pendanaan dan mengisi beberapa data mengenai dirimu. Setelah itu kami akan segera memverifikasi datamu.

Apa yang dimaksud dengan verifikasi akun?

Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) Nomor 12/POJK.01/2017 tentang Penerapan Program Anti Pencucian Uang dan Pencegahan Pendanaan Terorisme (APU-PPT) di Sektor Jasa Keuangan mewajibkan institusi keuangan seperti Raiz untuk mengumpulkan dan memverifikasi data nasabah. Ini merupakan praktik standar di industri keuangan. Kami akan mengumpulkan data utama seperti nama lengkap, alamat dan nomor KTP dan setelah kamu melengkapi semua data yang diperlukan di laman pendaftaran dalam aplikasi Raiz, kami akan segera memverifikasinya. Namun jika ada ketidakcocokan atas data yang disampaikan, maka kami harus meminta klarifikasi darimu terlebih dahulu sebelum kamu bisa mulai berinvestasi.

Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) Nomor 12/POJK.01/2017 dapat diakses di sini.

Apakah ada nilai minimum investasi yang disyaratkan untuk membuka akun?

Tidak. Raiz tidak mensyaratkan nilai saldo tertentu untuk pembukaan akun, namun untuk mulai berinvestasi, nilai minimumnya adalah Rp. 10.000 (sepuluh ribu rupiah). Nilai ini bisa dengan relatif mudah dicapai melalui fitur pembulatan (round-up), di mana setiap kali kamu berbelanja, pembulatan yang dihasilkan akan dikumpulkan hingga terkumpul menjadi Rp. 10.000.

Apa yang terjadi jika saya menghapus aplikasi Raiz dari gawai saya atau jika saya mengganti ponsel saya?

Raiz beroperasi di cloud sehingga akun dan portofolio investasimu aman meskipun kamu menghapus aplikasi atau mendapatkan ponsel atau perangkat baru. Pembulatan otomatis dan simpanan berulang masih akan diproses meskipun aplikasi Raiz saat ini tidak terpasang.

Apakah saya bisa menarik dana dan menutup akun saya kapan saja?

Ya. Kamu bisa menarik danamu kapan saja melalui aplikasi Raiz atau dengan mengirimkan email ke care@raizinvest.id untuk menutup akunmu. Mohon diperhatikan bahwa menghapus (uninstall) aplikasi Raiz tidak menutup akun investasi Anda, ataupun membatalkan transaksi yang sudah disampaikan maupun transaksi yang masih pending.

Apakah Pernyataan Pengungkapan Produk (PPP) itu?

Pernyataan Pengungkapan Produk (PPP) adalah dokumen yang memuat informasi mengenai Raiz, termasuk manfaat dan risiko produk, serta uraian tentang biaya-biaya. Kamu harus membaca dan memahami PPP dengan seksama sebelum memutuskan untuk membuka Akun Investasi Raiz.

Portofolio investasi saya

Bagaimana saya memilih portofolio investasi?

Raiz telah mendesain dan menawarkan 3 (tiga) pilihan Portofolio – (1) Konservatif, (2) Moderat, dan (3) Agresif – silakan mengacu pada Pernyataan Pengungkapan Produk (PPP) untuk informasi selengkapnya. Masing-masing portofolio memiliki profil risiko yang berbeda dan karenanya memiliki potensi imbal hasil yang berbeda. Kamu bisa menggunakan iPhone, ponsel berbasis Android atau mengunjungi situs web Raiz untuk melihat pilihan Portofolio dan mempelajari instrumen investasi yang menjadi aset dasar masing-masing Portofolio dalam Pernyataan Pengungkapan Produk (PPP) yang kami kirimkan kepadamu. Kamu dapat memilih Portofolio yang paling cocok bagimu.

Apakah portofolio investasi saya? Apa yang saya miliki?

Portofolio investasimu berupa Reksa Dana, di mana setiap Reksa Dana terdiri dari instrumen pasar uang, efek pendapatan tetap (obligasi) atau saham, tergantung kebijakan investasi Reksa Dananya. Informasi lebih rinci mengenai Reksa Dana yang menjadi aset dasar setiap Portofolio dapat ditemukan di Pernyataan Pengungkapan Produk (PPP).

Apakah saya bisa mengubah Portofolio saya?

Ya. Kamu bisa berubah pikiran kapan saja, dan kamu memiliki pilihan untuk mengubah pilihan Portofoliomu tanpa dikenakan biaya pengalihan. Kami ingin memastikan bahwa kamu nyaman dengan tingkat risiko Portofolio yang kamu pilih.

Apakah saya bisa berinvestasi langsung di saham, obligasi atau instrumen investasi lainnya yang menjadi aset dasar Reksa Dana melalui Raiz?

Raiz menginvestasikan danamu ke Reksa Dana. Kamu tidak bisa berinvestasi langsung ke saham, obligasi atau instrumen investasi lainnya melalui Raiz.

Apakah ada risiko terkait investasi saya?

Ya. Setiap investasi mengandung risiko. Dengan memperhitungkan risiko ekonomi dan risiko pasar, tidak ada jaminan bahwa Reksa Dana akan mencapai tujuan investasinya. Imbal hasil dapat dipengaruhi oleh, antara lainnya, strategi atau tujuan investasi dari Reksa Dana dan juga kondisi pasar dan kondisi ekonomi, termasuk kondisi tingkat suku bunga, periode pasar dan kondisi pasar secara umum. Kinerja masa lalu bukan suatu pedoman untuk kinerja masa datang dan nilai investasi Reksa Dana dapat menurun atau meningkat sesuai fluktuasi pasar. Kamu mungkin tidak mendapatkan kembali nilai nominal atas investasi awalmu. Untuk itu kami mendorong agar kamu berinvestasi untuk jangka panjang. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Reksa Dana dan risiko-risiko investasi, silakan mengacu pada Pernyataaan Pengungkapan Produk (PPP).

Apakah Reksa Dana itu?

Reksa Dana adalah wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal dengan cara membeli unit penyertaan Reksa Dana untuk selanjutnya diinvestasikan dalam Portofolio Efek of Manajer Investasi. Sesuai dengan Undang-Undang No. 8 tahun 1995 tentang Pasar Modal, Reksa Dana dapat berbentuk (i) Perseroan Tertutup atau Terbuka; dan (ii) Kontrak Investasi Kolektif. Bentuk hukum Reksa Dana yang menjadi aset dasar Portofolio Raiz adalah Kontrak Investasi Kolektif.

Bagaimana saya membatalkan investasi yang masih pending?

Untuk membatalkan investasi yang masih pending, masuk ke laman History di aplikasi dan cari transaksi yang ingin kamu batalkan di bagian “Pending”. Geser transaksi yang masih pending ke kiri dan sentuh tombol “Batal” untuk membatalkan transaksi tersebut. Mohon diperhatikan bahwa begitu periode pending telah dilalui maka kamu tidak akan dapat membatalkan transaksi karena transaksi tersebut telah diproses

Investasi dan penarikan dana

Apakah saya dapat menarik dana saya kapan saja?

Ya. Kamu dapat menarik danamu kapan saja dari akun Raizmu. Proses ini biasanya memakan waktu 5-7 hari bursa.

Berapa lama waktu yang diperlukan untuk mentransfer dana ke akun Raiz saya?

Kami memerlukan waktu 1 hari kerja untuk memastikan bahwa dana yang kamu transfer sudah siap untuk diinvestasikan ke Reksa Dana. Selama menunggu proses ini rampung, statusnya akan terlihat sebagai “pending” di aplikasi Raiz.

Apakah ada batas maksimum untuk jumlah yang bisa saya investasikan setiap waktu?

Ya. Kami menerapkan batas maksimum harian untuk masing-masing fitur sebagai berikut:

FiturBatas maksimum harian
Pembulatan (round-up)Rp. 200.000 (dua ratus ribu rupiah)
Cicilan investasi (recurring)Rp. 5.000.000 (lima juta rupiah)
Investasi seketika (lump sum)Rp. 10.000.000 (sepuluh juta rupiah)

Apakah ada batas maksimum untuk jumlah yang bisa saya tarik setiap waktu?

Tidak. Kamu bisa menarik dana dalam jumlah berapapun, kapan pun. Akan tetapi, mohon diperhatikan bahwa jika kamu ingin menarik dana sebesar 95% dari total saldo akun Raiz atau lebih, maka Raiz akan melakukan penjualan kembali atas seluruh unit penyertaan Reksa Dana yang kamu miliki.

Apakah saya bisa mengubah Rekening Pendanaan saya?

Ya. Jika kamu ingin mengubah Rekening Pendanaanmu, kamu harus memutuskan hubungan Rekening Pendanaan yang lama terlebih dahulu, lalu kemudian menghubungkan Rekening Pendanaan yang baru.

Keamanan

Bagaimana saya menjaga keamanan akun saya?

Kami menganjurkan agar kamu menjaga keamanan akun Raiz milikmu dengan selalu logging out setelah menggunakan aplikasi Raiz. Kami juga melakukan logout secara otomatis setelah periode tanpa aktivitas, di mana kamu harus memasukkan kembali password-mu untuk mengakses kembali aplikasi Raiz. Selain itu, kamu sebaiknya memilih password yang tidak mudah ditebak dan menyimpannya di lokasi yang aman.

Bagaimana saya bisa membuka akun saya kembali jika akun saya diblok karena aktivitas yang mencurigakan?

Demi keamanan, kamu harus menghubungi Raiz Customer Care untuk membuka kembali akses akunmu. Mohon diperhatikan bahwa kamu akan diminta mengkonfirmasikan beberapa informasi pribadimu. Untuk menghubungi Raiz Customer Care, silakan klik link yang ada di bagian bawah halaman website.

Biaya dan perpajakan

Apakah saya harus membayar pajak atas investasi saya di Raiz?

Kewajiban mengenai pajak yang harus kamu bayar sebagai Pemegang Unit Penyertaan Reksa Dana merupakan kewajiban pribadi selaku Pemegang Unit Penyertaan. Besarnya pajak yang harus dibayar ditentukan sesuai ketentuan perundang-undangan di bidang perpajakan terkait Reksa Dana.

Berapa biaya yang dibebankan Raiz kepada saya?

Aplikasi Raiz dapat kamu unduh secara gratis. Setelah kamu membuka akun Raiz, kamu akan diberikan kesempatan untuk mencoba aplikasi Raiz secara gratis dengan ketentuan sebagai berikut:

  • Jika kamu bergabung pada tanggal 1 hingga 15, maka kamu akan harus membayar biaya keanggotaan mulai tanggal 1 di bulan berikutnya.
  • Jika kamu bergabung setelah tanggal 15, maka kamu akan harus membayar biaya keanggotaan mulai tanggal 1 di bulan kedua berikutnya.

Pengguna dapat memilih salah satu dari pilihan paket keanggotaan Raiz:

1. Rp. 50.000 untuk periode 3 bulan

2. Rp. 180.000 untuk periode 12 bulan

Kamu harus melunasi biaya keanggotaan antara tanggal 1 dan 7 agar kamu dapat menggunakan aplikasi Raiz untuk periode 3 bulan atau 12 bulan ke depan. Untuk informasi lebih rinci mengenai biaya-biaya, silakan baca Pernyataan Pengungkapan Produk (PPP).

Apakah ada biaya atas penarikan dana?

Tidak. Kami tidak membebankan biaya atas penarikan dana.

Apakah saya harus membayar biaya jika saldo akun saya nol?

Biaya keanggotaan digunakan untuk keperluan administrasi Akun Investasi Raiz kamu dan kamu harus melunasinya agar kamu bisa menggunakan aplikasi Raiz, terlepas dari berapapun besarnya saldo akunmu.

Pembulatan (“round-ups”)

Pembulatan yang dilakukan Raiz adalah pembulatan secara virtual yang dilakukan atas setiap transaksi pengeluaran yang kamu lakukan di Akun Pengeluaran (kartu debit atau e-money) yang kamu daftarkan ke Raiz.

Skema pembulatan (round-up) yang ada di Raiz adalah sebagai berikut:

1. Saat kamu bergabung di Raiz, kamu akan diminta untuk mendaftarkan rekening bank sebagai Rekening Pendanaan - dari rekening ini dana kamu akan didebit untuk investasi dan jika kamu menarik dana maka dananya akan ditransfer kembali ke rekening ini.

2. Selain Rekening Pendanaan, kamu juga akan diminta untuk mendaftarkan kartu debit/rekening bank dan/atau e-money sebagai Rekening Pembelanjaan. Rekening bank yang kamu daftarkan sebagai Rekening Pengeluaran ini bisa sama dengan rekening bank yang kamu gunakan sebagai Rekening Pendanaan, bisa juga tidak.

3. Setelah kamu mendaftarkan kedua rekening tersebut di atas, setiap kali kamu berbelanja menggunakan Rekening Pengeluaran, Raiz akan mencatat pembulatan atas transaksi belanja tersebut. Jadi jika kamu mendaftarkan rekening bank A sebagai Rekening Pengeluaran, maka Raiz akan mengambil pembulatan atas semua transaksi yang kamu lakukan dengan kartu debit atas rekening bank A tersebut.

4. Pembulatan yang dilakukan Raiz adalah pembulatan ke atas (round up), ke kelipatan Rp 5.000 terdekat. Sebagai contoh, jika kamu membeli secangkir kopi seharga Rp. 16.000 maka Raiz akan mencatat pembulatan sebesar Rp. 4.000 atas transaksi pembelian kopi ini.

5. Raiz akan mengumpulkan pembulatan atas semua transaksi, dan jika pembulatan yang terkumpul sudah mencapai minimal Rp. 10.000 maka Rekening Pendanaan kamu akan didebit. Misalnya pembulatan yang terkumpul adalah sebesar Rp 19.000, maka Rekening Pendanaan kamu akan didebit sebesar Rp 19.000 dan dananya dibelikan unit penyertaan Reksa Dana.

6. Aplikasi Raiz akan menyajikan daftar pembulatan-pembulatan yang dikumpulkan. Kamu bisa memilih secara manual pembulatan mana saja yang akan diinvestasikan, atau kamu bisa memilih untuk menginvestasikan setiap pembulatan secara otomatis di menu Pengaturan (Settings).

Bagaimana saya menyetel pembulatan otomatis?

Fitur pembulatan otomatis bisa dinyalakan dan dimatikan di menu Pengaturan (Settings) di bagian Akun.

Apakah saya masih bisa menggunakan fitur pembulatan jika saya tidak menyetelnya menjadi otomatis?

Ya. Jika kamu mematikan fitur pembulatan otomatis, kamu bisa masuk ke bagian “Pembulatan” di aplikasi dan memilih secara manual pembulatan mana saja yang ingin kamu investasikan.

Apakah ada batas jumlah rekening bank dan/atau e-money yang bisa saya hubungkan ke aplikasi Raiz sebagai Rekening Pengeluaran?

Tidak. Kamu bisa menghubungkan sebanyak mungkin rekening bank dan/atau e-money ke aplikasi Raiz sebagai Rekening Pengeluaran.

Apakah ada pembulatan atas transaksi yang nominalnya merupakan kelipatan Rp. 5.000?

Ya, jika nominal transaksi merupakan kelipatan Rp. 5.000, maka pembulatan yang diambil adalah sebesar Rp. 5.000. Sebagai contoh, jika nilai transaksi belanja kamu adalah Rp. 225.000, maka pembulatan yang diambil adalah Rp. 5.000. Akan tetapi, kamu bisa mengubah nilai pembulatan menjadi nilai berapapun antara Rp. 0 hingga Rp. 5.000. Silakan baca App Guide kami untuk mengetahui gimana pengaturannya.

Apa yang akan terjadi jika salah satu kartu debit yang telah saya hubungkan sebagai Rekening Pengeluaran hilang atau dicuri?

Akun Raiz milikmu tidak terancam jika kamu kehilangan kartu debit yang telah kamu daftarkan sebagai Rekening Pengeluaran. Meski demikian, sebaiknya kamu berhenti menghubungkan (unlink) kartu tersebut ke aplikasi Raiz. Ini bisa dilakukan di bagian Pembulatan.

My Finances

What is My Finances?

My Finance adalah perencana keuangan pribadimu yang tersedia di aplikasi Raiz. My Finance memungkinkan kamu mendapatkan tinjauan pribadi tentang pengeluaranmu dan perkiraan arus kas masa depanmu. Kamu juga bisa menerima tips & wawasan mengenai pengeluaran & tabunganmu.

Bagaimana My Finance bekerja?

My Finance menggunakan Akun Pengeluaran yang sudah kamu hubungkan ke aplikasi Raiz. Kamu dapat melihat di mana kamu berbelanja berdasarkan kategori tingkat tinggi seperti "Belanja" atau "Makanan". Fitur ini dimungkinkan melalui pemanfaatan kecerdasan artifisial untuk mengenali pola pengeluaran dan penghasilanmu, untuk membuat perkiraan arus kas yang dapat membantu perencanaan keuanganmu.

Personal tips akan ditampilkan di aplikasi Raiz untuk untuk membantu Anda mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang keuangan pribadi Anda, tanpa harus menambahkan anggaran.

Apa manfaat My Finance bagi saya?

My Finance dapat membantumu membuat anggaran, dan menganalisis pengeluaran dengan mudah, yaitu dengan memberikan tips yang dipersonalisasi sehingga bisa memberikan Anda wawasan tentang di mana Anda menghabiskan uang Anda, dan bagaimana Anda dapat menghemat lebih banyak uang.

Apakah saya harus memiliki Akun Pengeluaran yang dihubungkan ke aplikasi Raiz?

Untuk mendapatkan manfaat dan wawasan bermanfaat secara maksimal, Anda perlu menghubungkan Akun Pengeluaranmu ke aplikasi Raiz, sehingga My Finance dapat mengumpulkan data yang diperlukan untuk memberikan tips yang dipersonalisasi bagimu. Bila kamu belum memiliki Akun Pengeluaran, kamu dapat mengaturnya dengan masuk ke menu Pengaturan > Akun Pengeluaran > Hubungkan Akun Pengeluaran.

Bagaimana jika saya hanya punya Akun Pendanaan?

My Finances tidak akan memiliki data jika Anda hanya memiliki sumber dana yang dihubungkan ke aplikasi Raiz sebagai Akun Pendanaan. Ini karena dengan menghubungkan Akun Pengeluaran ke aplikasi Raiz, kamu memberikan persetujuan kepada kami untuk memantau data transaksi, sementara Akun Pendanaan hanya hanya untuk keperluan keluar-masuk dana investasi.

Bagaimana jika sebagian transaksi saya tidak terkategorisasikan?

Jika kamu menemukan bahwa beberapa transaksi kamu belum dikategorikan, kamu dapat mengkategorikannya melalui aplikasi Raiz melalui menu My Finance> Kategorisasi Transaksi> Tidak Ada Kategori. Di sini Anda dapat mengalokasikan transaksi ke kategori tertentu yang akan membantu aplikasi belajar mengelompokkan pengeluaran di masa depan. Kamu juga dapat mengubah kategorisasi otomatis yang dilakukan oleh Aplikasi Raiz.

Bagaimana jika saya ingin mengecualikan beberapa transaksi?

Jika kamu ingin mengecualikan beberapa transaksi, kamu dapat melakukannya melalui menu My Finance> Kategorisasi Transaksi, lalu pilih transaksi mana yang ingin kamu kecualikan.

Savings Goal

Apakah Savings Goal itu?

Savings Goal adalah fitur aplikasi Raiz yang memungkinkan kamu menetapkan tujuan finansial dan melacak pencapaian tujuan ini.

Bagaimana cara Savings Goal bekerja?

Untuk mengatur Savings Goal melalui ponsel atau situs web, buka tab Cicilan Investasi (Recurring Investment). Kamu kemudian dapat memilih tujuan investasi dari pilihan yang tersedia atau membuat sendiri tujuan investasimu melalui menu Buat tujuan investasi saya > Pilih nilai target> Atur cicilan investasi untuk membantu mencapai tujuan itu.

Apakah Forecast Goal Date itu?

Forecast Goal Date adalah tanggal perkiraan kamu akan mencapai tujuan investasimu berdasarkan investasi saat ini yang dilakukan di akun Raiz Anda. Harap perhatikan ini akan berubah jika Anda mengubah nilai dan frekuensi cicilan investasi.

Dapatkah saya menetapkan lebih dari satu Savings Goal?

Tidak, kamu hanya dapat menetapkan satu Savings Goal. Kami ingin membuatmu mudah untuk fokus pada pencapaian satu Savings Goal. Kamu dapat mengedit Savings Goal ini kapan saja.

Apakah manfaat dari Savings Goal?

Kami percaya bahwa setiap orang sebaiknya memiliki tujuan finansial. Sementara setiap orang mungkin memiliki tujuan yang berbeda dalam benak mereka, kami berusaha untuk membantu semua pengguna kami merasa memiliki kendali untuk mencapai tujuan finansialnya. Savings Goal adalah cara handal untuk menabung untuk sesuatu yang spesifik dan memantau perkembangannya saat Anda semakin dekat dan dekat dengan tujuan finansialmu!

Masih memerlukan bantuan?

Kamu bisa membaca Pernyataaan Pengungkapan Produk (PPP) di situs web Raiz atau menghubungi Customer Care kami di informasi berikut dan kami dengan senang hati akan membantumu:

Raiz Customer Care

Raiz Customer Care

E-mail: care@raizinvest.id

Hubungi Kami

09:00-16:00 WIB setiap hari kerja